Rabu, 18 Juli 2012

membuat Ubuntu 10.10 Live USB

Membuat Live USB Ubuntu 10.10 Dengan Unetbootin (Universal Netboot Installer)



Unetbootin - Sebel juga setelah mencoba beberapa kali tapi selalu gagal. Sebenarnya ini bukan sesuatu yang baru, sudah banyak situs yang mengulas cara menjalankan Ubuntu dari Flashdisk dengan bantuan aplikasi unetbootin.

Dari beberapa sumber yang saya baca, sepertinya merujuk dari situs pembuat unetbootin (Universal Netboot Installer) dan bukan dari hasil pengujian mereka. Sekarang kami akan menyajikan cara membuat dan menjalankan Live USB Ubuntu 10.10 yang merupakan hasil uji coba kami.

Seperti telah dikemukakan sebelumnya, kami telah mencoba beberapa kali untuk meng-USB-kan Ubuntu 10.10 namun selalu gagal. Usut punya usut ternyata untuk dapat menjalankan Ubuntu terbaru ini melalui USB adalah dengan menggunakan unetbootin terbaru. Akhirnya kami memutuskan untuk men-download versi terbaru dan mendapatkan unetbootin 494. Bagi Anda yang berminat, silahkan download unetbootin terbaru dari sini.

Ada dua pilihan untuk membuat Live USB dengan unetbootin, pertama menggunakan internet untuk men-download sumber/distro yang ingin kita USB-kan dan yang kedua adalah menggunakan file iso yang telah kita download sebelumnya.

Dalam contoh ini kami menggunakan iso Ubuntu 10.10 versi desktop. Berikut adalah cara membuat Live USB Ubuntu 10.10 menggunakan unetbootin.

Tancapkan flashdisk kosong yang ingin Anda gunakan lalu jalankan unetbootin, pada jendela unetbootin, pilih opsi kedua "Diskimage", pada menu dropdown disampingnya pilih "ISO (sistem ISO 9660 media CD-ROM)".


Pada kolom disebelahnya isi dengan lokasi tempat file iso Ubuntu 10.10 disimpan. Jika ada lebih dari satu flashdisk yang ditancapkan, Anda harus menentukan flashdisk mana yang akan digunakan, tentukan drive flashdisk yang Anda inginkan pada menu dropdown "Drive". Klik tombol "OK" untuk memulai proses pembuatan...

Proses pembuatan live USB Ubuntu 10.10 ini akan memerlukan waktu cukup lama, silahkan tunggu hingga semua proses selesai....

Setelah semua proses diselesaikan, klik tombol "Reboot Now" untuk merestart komputer. Pastikan Anda telah mengatur BIOS agar komputer booting pertama kali dengan perangkat USB...


Komputer akan dibooting menggunakan perangkat USB, menu unetbootin akan ditampilkan dan Anda dapat memilih untuk menjalankan Ubuntu 10.10 sebagai live USB atau menggunakannya sebagai media penginstalan. Secara default unetbootin akan menjalankan Ubuntu 10.10 versi desktop sebagai live USB...


Inilah desktop Ubuntu 10.10 yang kami jalankan melalui flashdisk...


Kami juga mencoba menginstal paket GnoMenu dan berhasil dijalankan dengan baik...


Kami juga mengaktifkan efek 3D dengan desktop Compiz....

Hmmm... cantik bukan?... selamat mencoba....

Catatan:Semua instalasi dan pengaturan yang dilakukan pada modus live USB tidak berlaku permanen, sehingga saat kita merestart komputer dan menjalankannya kembali semua akan kembali seperti semula.

0 komentar: