Selasa, 24 Juli 2012

Cara Membuat XP Live USB

Membuat windows xp live cd agar bisa dijalankan dari flashdisk caranya hampir sama dengan Membuat Windows XP USB Flashdisk. Program yang digunakan pun masih sama yaitu dengan menggunakan Software Flashboot tapi yang versi 1.3. Mengapa digunakan software Flashboot versi 1.3? Pada versi ini tidak membutuhkan update SP2 karena kebanyakan windows live dibuat dengan program Pe builder yang tidak memasukkan update SP2 dan seterusnya. Berbeda jika yang akan dibuat windows xp yang harus diinstall dari flashdisk biasanya digunakan Flashboot versi 2 ke atas.
Ya sudah kita mulai saja cara membuat Windows Live CD Dari kedalam Flashdisk. Pertama kali download software Flashboot 1.3 lalu install kedalam komputer. Selanjutnya:
  1. Format flashdisk dengan software HPUSBDisk.exe download disini. Perhatian !! proses format flashdisk akan menghapus data-data didalamnya, silahkan backup data penting anda didalam flashdisk.
  2. Jalankan program Flashboot dari menu Start -> Program -> FlashBoot -> FlashBoot lalu klik Next.
  3. Selanjutnya pilih menu paling atas “Convert BartPE bootable disk to bootable flashdisk” lalu klik Next.
  4. Pilih sumber file windows xp live yang akan digunakan. Apakah dari file Iso atau dari cd didalam cdroom drive? klik Next lagi.flashboot 1.3
  5. Kemudian pilih drive tempat flashdisk dicolokkan, klik Next lagi.Pilih drive usb
  6. Pilih Format “Partitioned disk(USB-HDD boot mode)” klik Next lagi.
  7. Setelah keluar Summary information klik tombol Finish untuk memulai proses membuat windows xp live didalam flashdisk.
  8. Tunggu sampai proses selesai.finish
  9. Setelah selesai membuat windows xp live didalam flashdisk selanjutnya silahkan dicoba dengan cara atur booting komputer dari usb/flashdisk. Ada beberapa bios yang yang menyediakan tombol tertentu untuk langsung setting booting prioritas tanpa perlu masuk menu bios(biasanya tekan tombol F9 di keyboard pada waktu komputer baru dihidupkan.
  10. Tunggulah windows xp dari flashdisk booting memerlukan waktu antara 5-10 menit tergantung versi win xp dan spesifikasi komputer yang dipakai.

0 komentar: